Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

Rabu, 08 Agustus 2012

Sudahkah Kita Menerapkan Rukun Islam ?


Sahabat yang se-iman, Alhamdulillah pada kesempatan kali pendidikan islam masih bisa memberikan artikel yang bermanfaat bagi sahabat. Saya akan membahas mengenai Sudahkah kita menerapkanRukun Islam ? Rukun merupakan suatu aturan yang harus dilakukan ketika mau menjadi seorang yang taat. Kenapa harus ada   rukun ? ibarat negara rukun itu adalah hukum, adat, tata cara, step by step atau masih banyak lagi istilah kalau ingin dikembangkan, kalau tidak ada hukum atau rukun. Semua akan bisa menjadi kacau. Rukun ada karena islam adalah agama penyelamat yang menghendaki umatnya berada di dalam syariat yang benar sesuai dengan yang dituntunkan Allah SWT melalui Rosulnya.

Adapun rukun islam adalah sebagai berikut  :
  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat, yang artinya “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain Allah dan mengakui bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. Dalam hal ini seorang yang sudah mengucapkan dua kalimat syahadat secara tidak langsung dia sudah masuk islam dan harus menerapkan aturan-aturan yang ada di dalam Al-Qur’an dan hadist (sunatullah).
  2. Adapun rukun yang kedua adalah mengerjakan shalat lima waktu sehari semalam. Shalat lima waktu ini meliputi Isyak (4 raka’at), Shubuh (2 raka’at), Dhuhur (4 raka’at), Ashar (4 raka’at), Maghrib (3 raka’at). Sudahkan kita menjalankan rukun islam yang kedua sebelum melanjalankan rukun islam yang ketiga ? ibarat sekolah kita berada pada tingkat 2 ? masak iya tingkat kedua tidak dilaksanakan secara utuh sudah naik kepada ketingkat selanjutnya ? mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang ahli shalat, amin amin amin ya rabbal alamin.
  3. Yang ketida adalah mengeluarkan zakat, zakat wajib kita keluarkan pada waktu yang tepat. Kalau waktunya tidak tepat itu namanya infaq atau shadaqah. Zakat mengandung arti mensucikan, dan zakat diwajibkan selama bulan puasa Ramadhan sampai sebelum terdengar takbir untuk shalat i’d fitri.
  4. Berpuasa dalam bulan Ramadhan, ini untuk menyambung yang ketiga itu tadi. Yakni zakat, setelah melakukan puasa kita juga diwajibkan untuk berzakat. Supaya kesejahteraan bisa terjalin antara si miskin dan si kaya. Apa saja hikmah dari puasa Ramadhan dan keutamaannya ? Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi kita umat islam karena bulan puasa diperingati juga sebagai hari turunnya Al-Qur’an yang penuh hikmah dan petunjuk ke jalan yang benar. Bulan puasa hanya ada pada umat islam, bulan penuh berkah, ampunan, dan lipatan pahala dari sisiNya. Subhanallah.....manfaat dari puasa sendiri adalah selain menahan lapar dan haus juga menahan kita dari jalan syaitan yang sesat, yang merupakan musuh yang nyata bagi kita umat islam. Puasa bisa dibilang tempaan kita sebagai umat islam untuk menjadi lebih baik di bulan depannya atau di hari berikutnya, dan menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
  5. Yang kelima adalah ibadah haji, untuk rukun yang kelima ini memang susah untuk orang yang kurang mampu secara ekonomi. Tetapi apabila kita mempunyai niatan untuk haji, kita pasti bisa untuk melakukannya. Tidak ada yang tidak mungkin, Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan. Asalkan mau berusaha pasti ada jalan, jalan Allah meliputi mana saja, dari rezeki yang tidak kita sangka-sangka. Kuatkan iman kita, keyakinan kita, dzikir kita bermohonlah kepadaNya di pagi dan malam hari, shalatlah sepertiga malam, dan masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa memohon kepada Allah SWT supaya Dia menurunkan malaikat penolongnya yang mengantar kita ke tanah suci untuk beribadah haji.

Sekian bahasan pendidikan islam kali ini mengenai sudahkan kita menerapkan Rukun Islam ?, mudah-mudahan kita dijadikan oleh Allah SWT orang yang ahli shalat, sedekah, puasa, dan menegakkan islam, dan yang paling penting mudah-mudahan Allah menjadikan kita orang yang Ahli Menghafal Al-Qur’an dan kelak kita dikumpulkan bersama orang-orang yang shaleh, amin amin amin ya Rabbal alamin.

2 komentar:

  1. insyaalloh mas, tapi jujur saya masih belum bisa melaksanakan semuanya. Tapi insyaalloh saya juga akan berusaha.

    selamat menunaikan ibadah puasa :)

    BalasHapus
  2. @kyo cakep sahabat...jalankan ibadah hanya karena Allah SWT

    BalasHapus

Afwan, jika ingin berkomentar silahkan follow blog terlebih dahulu untuk kemudahan antum berkomentar, syukron...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.